infobdg on tumblr

RSS

5 Toko Roti Super Enak di Bandung

Karena doyan jajan, berikut ini kami rekomendasikan beberapa toko roti yang sering kami kunjungi. Rasanya super enak, harganya variatif. Roti-roti ini cocok sama lidah lokal maupun internasional. Rata-rata mereka ini juga home-made rotinya. Bukan kelas pabrikan. Sambil makan roti, sambil melestarikan usaha-usaha yang dikerjakan oleh tangan-tangan manusia, bukan mesin. Ayo dicoba!



1. Roti Sidodadi
Roti bebas pengawet ini ada sejak nenek kami masih muda belia. Lokasi Sidodadi ada di Jl. Otista 255, Dekat dengan pusat perbelanjaan Pasar Baru. Diantara semua toko roti ala Belanda, toko roti Sidodadi didirikan dengan konsep citra roti yang dianggap sebagai penganan kaum elite bisa pula jadi makanan semua kalangan. Meski harga terjangkau, kualitas rotinya tetap terjaga. Tekstur rotinya lembut dan mungil tanggung. Rasanya dijamin enak. Harganya terjangkau, satu roti favorit kami : kornet keju harganya 3.700. Roti sosisnya pun sama. Sosisnya juga bukan sosis abal-abal. Asli sosis. Toko yang buka sejak pagi hingga sore ini selalu penuh pengunjung. Makanya disarankan beli roti pagi hari. Segar-segar, makan roti Sidodadi dan lanjut jalan-jalan di Bandung! kalau belinya sore mah keabisan.Roti jadul macam roti gambang, roti krenten atau kismis, dan roti tawar frans, masih bisa kita beli.

2. Roti Sumber Hidangan
Roti-roti disini khas Belanda semua. Lokasinya yang ada di titik jayanya Bandung di tahun 1930an membuat Sumber Hidangan juga ikut berjaya pada masanya. Dahulu namanya Snoephuis dan kalau kita mampir ke toko ini, masih ada beberapa barang yang jadul-jadul. Tokonya juga sama jadulnya. Ayo pesan roti-roti enak disini. Cobain Zwieback, roti kering berlapis susu campuran vanilla, kayu manis, pala, dll. Manis banget dan dipanggang dua kali jadi rasanya : enak banget!. Cemil juga Frou frou Mocca, dua biskuit dengan krim mocca dan bertabur bubuk manis. Manisnya manis banget. Yang suka manis, cocok kalau datangnya kesini. Masih belum puas? ayo makan krentenbrood (roti kismis), roomsoes, dan roti-roti lainnya. Kalau pengen yang gak manis-manis, coba deh cicip risoles ragu dan kroketnya. Aduh itu enak-enak sekaliiii! Harganya juga lumayan, cukup terjangkau.

3. Roti Braga Permai
Braga Permai masih tetangganya Sumber Hidangan, satu kufu pula. Dahulu juga terkenal sebagai resto Belanda yang berkelas. Braga Permai menyajikan penganan roti tidak sebanyak Sumber Hidangan. Dan pula, rasa rotinya lebih membumi meski ada juga beberapa yang masih asli citarasa roti belandanya. Aslinya entah kenapa buat kami roti tetangganya itu lebih enak. Roti Braga Permai ada yang kurang sedikit rasanya, entah apa. Kurang legit. Walau begitu, wajib dicoba juga makan roti disini. Cobain roti tawar dimakan sama es krim Braga Permai. Nyammm! Oiya, harganya disini ramah sama dompet lah. Btw, numpang lewat : Cake vulcano Braga Permai enak banget (enak banget-nya dipangkatin sejuta).

4. Roti Gempol
Roti Gempol memang jempolan. Lokasinya sama seperti toko roti lain yang sudah dijelaskan, lokasi bersejarah : Gempol. Disini kita bisa makan roti tawar dan roti bakar. Yang mau roti tawar ada pilihan tawar putih, gandum, dan gandum-havermut. Kalau kepengen nyoba yang manis, ada manis, asin, dan spesial. Harga rotinya tidak mahal, untuk roti tawar dihargai 10.000-an, Roti Bakarnya antara 6.000 (yang manis) dan 10.000 (asin). Kalau mau datang kesini, paling enak pagi-pagi atau sore, atau pas lagi gerimis hujan gimana gitu. Sofanya super empuk dan ada efek tempo dulu yang bikin adem hati.

5. Roti Vitasari
Toko roti modern kalau yang ini dibanding empat toko lain diatas. Meski anak baru, kualitas rotinya gak kalah sama senior-seniornya. Cobain roti sosis dan roti kejunya. Alamak enak banget! Harganya juga ramah buat kantong dan dompet. Toko ini bisa kita datangi di Jalan Burangrang, Bandung.

Sumber